Selasa, 21 Oktober 2014

Objek Pekerjaan Perencana Kawasan

Perencanaan kota adalah profesi yang menawarkan berbagai peluang bagi orang-orang yang memiliki banyak bakat dan aspirasi yang berbeda. Perencana kota merencanakan masa depan perkotaan, lebih tepatnya memastikan bahwa kota telah tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang dibutuhkan, termasuk:
retno kartika sari
Contoh Pekerjaan Seoran Planner
1. Perumahan 
Perencana merencanakan kebutuhan perumahan
Bersama dengan masyarakat menentukan tipe rumah dan zona kawasan perumahan
Merumuskan kebijakan harga perumahan untuk memastikan agar masyarakat berpenghasilan rendah bisa tetap memiliki perumahan yang nyaman dan terjangkau. 

2. Kawasan Bisnis (Perkantoran, Perdagangan, Industri)  
Menentukan zonasi/kawasan yang tepat untuk industri (pabrik), perdagangan, dan perkantoran
Menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat, melalui pengembangan ekonomi lokal yang disesuaikan dengan potensi lokal
Merencanakan program yang mendukung pengembangan ekonomi lokal, seperti memberikan pelatihan keterampilan

3. Sarana dan Prasarana Transportasi 
Mempelajari dan menganalisa kebutuhan sarana dan prasarana transportasi yang dibutuhkan pada suatu kawasan berkembang

4. Jaringan Air Bersih dan Sistem Pengolahan Limbah 
Bekerja dengan para insinyur bangunan dan ahli hidrologi untuk menghasilkan produk perencanaan yang memperhatikan kebutuhan dasar dalam infrastruktur kawasan yaitu ketersediaan jaringan air bersih dan sistem pengolahan limbah serta menerapkan manajemen yang sesuai pada kawasan tersebut.

5. Ruang Publik dan Rekreasi 
Mempelajari distribusi masyarakat berdasarkan golongan usia yang cenderung dominan pada kawasan tertentu untuk dapat memberikan alternatif perencanaan ruang publik apa yang tepat pada kawasan tertentu. Sebagai contoh, kota yang didominasi oleh pelajar dan anak-anak tentu membutuhkan lebih banyak variasi ruang publik dan ruang rekreasi daripada kota yang didominasi oleh golongan masyarakat usia lanjut.

6. Kebutuhan Ruang dimana Orang akan Hidup dan Bertempat Tinggal 
Memahami kebutuhan dasar manusia untuk hidup dan bertempat tinggal mencakup kebutuhan ruang untuk rumah, bekerja, berbelanja, dan berekreasi. Setiap individu memiliki keleluasan untuk memilih tempat apa yang sesuai bagi mereka untuk beraktivitas berdasarkan banyak faktor, salah satunya adalah faktor perancangan kawasan. Pertimbangan-pertimbangan perancangan seperti ketinggian maksimal bangunan, jarak dengan akses terdekat, dimana mereka harus memarkir kendaraan, bak puzzle dalam sebuah perencanaan kawasan. Hilang satu bagian, maka bagian keseluruhan tidak akan sempurna. Oleh karena itu, penting bagi seorang perencana untuk menghasilkan perencanaan yang sebisa mungkin memberikan tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk hidup dan bertempat tinggal.

7. Perkembangan Komunitas 
Setiap perencana fokus pada perkembangan kehidupan sosial masyarakat yang terjadi pada suatu kawasan. Isu-isu sosial seperti kemiskinan, tingkat pendidikan, angka pengangguran, dan kesenjangan sosial antara perkotaan dan pedesaan, merupakan bagian dari apa yang dikerjakan oleh seorang perencana. Perencanaan kawasan semestinya dapat mendeteksi dan mengatasi serta meminimalisir resiko dari setiap permasalahan sosial.

8. Ketersediaan Energi 
Pekerjaan perencana hampir selalu berkaitan dengan pasokan dan ketersediaan energi untuk dapat memprediksi kebutuhan energi di masa datang sekaligus merencanakan fasilitas penunjang untuk kebutuhan sumber energi dan distribusi energi seperti jaringan pipa gas alam, kawasan gudang minyak bumi, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com