Kamis, 16 Oktober 2014

Geographic Information System (GIS)

Selamat pagi pemirsa blogizzie bertemu lagi dengan izzie dalam blaablaablaa... Hahahaa jadi ikut kebawa suasana TV News nihh ,maklum izzie lagi nonton berita super duper heboh pekan ini lhoo guys. Apalagi kalo bukan majumundurmajumundur cantiikkcantiikk :p yups Princess Syahrini #%Omegote%# 
Duhh pagi-pagi udah ngelantur aja nii kaya ibu-ibu rumpi deh izze hahaa.. Oke blogizzie kali ini izze bakalan kasih info seputar GIS nihh. Ada yang tau ga apa itu GIS?? yang jelas Galau, Ilfil, Sakitnyatuhdisini yaa... Beneran ga ada yang tau niih?? Aduhh makanya baca buku dong hihihii.. Daripada ribut, mending kita intips aja yuks goresan izzie kali ini CEKIDOT>>>

Pengertian GIS
GIS atau kepanjangan  dari Geographic Information System yang dalam bahasa Indonesia disebut Sistem Informasi Geografis adalah adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan utuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geogradi, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database.

retno kartika sari
Contoh Hasil GIS Karya IZZIE


Teknologi Sistem Informasi Geografis dapat digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi dan perencanaan rute. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi.

Kegunaan GIS Untuk Perencanaan Wilayah Dan Kota
  1. Untuk bidang sumber daya, seperti kesesuaian lahan pemukiman, pertanian, perkebunan, tata guna lahan, pertambangan dan energi, analisis daerah rawan bencana.
  2. Untuk bidang perencanaan ruang, seperti perencanaan tata ruang wilayah, perencanaan kawasan industri, pasar, kawasan permukiman, penataan sistem dan status pertahanan.
  3. Untuk bidang manajemen atau sarana-prasarana suatu wilayah, seperti manajemen sistem informasi jaringan air bersih, perencanaan dan perluasan jaringan listrik.
  4. Untuk bidang pariwisata, seperti inventarisasi pariwisata dan analisis potensi pariwisata suatu daerah.
  5. Untuk bidang transportasi, seperti inventarisasi jaringan transportasi publik, kesesuaian rute alternatif, perencanaan perluasan sistem jaringan jalan, analisis kawasan rawan kemacetan dan kecelakaaan.
  6. Untuk bidang sosial dan budaya, seperti untuk mengetahui luas dan persebaran penduduk suatu wilayah, mengetahui luas dan persebaran lahan pertanian serta kemungkinan pola drainasenya, pendataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan pada suatu kawasan, pendataan dan pengembangan pemukiman penduduk, kawasan industri, sekolah, rumah sakit, sarana hiburan dan perkantoran.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com