Jumat, 29 Agustus 2014

Kenalan yuks sama si PLANOLOGI

Pernah denger kata "PLANOLOGI"???? apaan siihh itu??? ilmu tentang "PLANETARIUM" kah?? ilmu "TANAH" pasti ya kan?? Hha Bukan?? Pasti ilmu tentang "TUMBUHAN" yaa kan ga salah lagi?? apa? masih juga bukan?? Lantas, PLANOLOGI itu apa dong?? Kalo planet bukan tumbuhan juga bukan jadi apa dong zie? Jadi penasaran niihh.... nyerah deh gua nyerah #
Hahahaa asik bukan kalo kamu pilih jurusan yang ga banyak orang tau, so pasti bakal bikin mereka semua bertanyatanya (y). Yah, itu adalah kejadian yang izzie alami sendiri gimana serunya liat mereka bertanya-tanya soal jurusan Planologi yang sekarang izzie ambil di bangku perkuliahan, tepatnya di Universitas Indo Global Mandiri Palembang. Gimana ga seru coba, mereka semua pada ga tau sama si Planoo, dan jangan heran jika kesempatan emas ini bakal nuntun kamu ke peluang yang super duper besaarrr saat kamu wisuda nanti. Izzie kasih bocoran nihh, *ternyata si Planologi ini banyak yang nyariin loohh?? Asik bukann, kamu aja belum tentu dicari.in sama pacar kamu kalo ilang wkwkk. Ga percayaa??? #buktinyatuhdisini%.
Dari pada pusing bicara tanpa bukti kali ini izzie luangin sedikit waktu izzie buat kasih bocoran+kejelasan buat para pengunjung setia bloggerizzie:* tentang apa sih PLANOLOGI itu. Caw kita intip goresan izzie dibawah ini :

PLANOLOGI>>> Planologi ini ternyata adalah sebuah jurusan di fakultas teknik tapi mempelajari tentang sosial. Loh...Kok bisa?? Emang apa hubungannya??
Planologi berasal dari kata Yunani yang terdiri dari dua suku kata yaitu "Plan" yang artinya rencana atau perencanaan dan "Logos" yang artinya adalah ilmu. Jadi Planologi adalah ilmu perencanaan, dalam hal ini adalah perencanaan wilayah dan kota. Nah dari sini izzie berpendapat kalo yang dulunya orang bilang Planologi itu sebagai ilmu PLANetarium atau ilmu PLANt (tumbuhan) atau bahkan ilmu tanah (izzie juga bingung kok bisa sejauh itu mereka berfikir ya kekekekkk) karena ada kata PLAN nya *rotfl*

Kembali ke laptop!. Awal kuliah dulu izzie juga sempat bingung juga sih  nih kuliah Planologi bakal ngapain aja??? kok aneh gini?? yang biasa dulu SMK ngitung hitungan Fisika, Matematika, Kimia (Eh, izzie dulu sempat ada di jurusan Kimia lohh :) la kok sekarang diajarin menata kota?? Aduuhh...

Planologi
PLANOLOGI

Nah ternyata setelah beberapa bulan PDKT ama si Planologi barulah izzie vaham kalo Planologi itu ternyata tidak seperti yang izzie bayangin (agak2 mainstream) #%%bahasa apaituu??? Di Planologi kita diajarin bagaimana merencanakan suatu kota atau wilayah untuk masa kedepannya nanti dan yang tak kalah penting kita juga belajar menata kota itu sendiri sesuai dengan rencana yang dibuat. Aduuhh ini nih yang bikin izzie garuk-garuk kepala..gimana ngga menata diri sendiri aja belum tentu bener apalagi disuruh menata KOTA??? hehehehee. Sebutan buat seorang lulusan Planologi adalah Planolog atau planner (keren bukaann :) ya iyaaa lah Planologi gitu lohh.. hehehehee

Perbedaan Planologi sama Arsitek :   
  1. Planologi itu Perencanaan sedangkan Arsitek lebih ke Perancangan. Nah bedanya Perencanaan dengan Perancangan terletak pada ruang lingkupnya, kalo perancangan lebih mikro, perencanaan lebih makro atau lebih luas. Kalo izzie contohin, misal : Arsitek merancang interior rumah sedangkan Planolog merencanakan kawasan rumah tersebut + kehidupannya seperti apa.
  2.  Planologi ga mesti bisa menggambar, kalo bisa menggambar ya dapat nilai lebih laa.. lebih ancur (karena asyik menggambar daripada menganalisis).
  3.  Planologi kaitannya erat dengan analisis, apa-apa aja dianalisis. Kalo skripsinya arsitek atau jurusan lain terkait dengan kualitas dan kuantitas. Kalo di Planologi ya "ketebilitas" alias seberapa tebal skripsi yang dihasilkan dengan berbagai macam analisis yang jelas sampai yang ga jelas. Yang penting kalo udah tebel kayaknya udah komplit gitu.
  4. Planologi itu hubungannya dengan masyarakat sangat erat, karena perencanaan berarti melibatkan masyarakat yang ada disana, kalo bahasa Palembangnya Community Based Development.
  5. Planologi itu kerjanya penuh misteri, coba perhatikan di sekitarmu ada orang yang diam-diam mencatat perilakumu, mencatat plat nomor kendaraanmu, menanyakan statusmu (ini nih yang paling izzie suka heheee), kemudian berkumpul di tengah malam sampai pagi tiba, dapat dipastikan mereka adalah Planolog.
  6. Anak-anak Planologi ga bisa kerja sendiri-sendiri, sama kayak power ranger, Planolog juga punya  "Plano Ranger" dan semua Ranger punya tugas dan kekuatan masing-masing. Ada yang ahli menggambar, ahli analisis, ahli makan, ahli ngibur dan ahli presentasi (kamu Ranger yang mana tuhh??? :D dan kalu semua itu bergabung KLOP deh Plano Ranger nya dan Monster manapun bakalan kalah dan memberi nilai lebih, (Lho, ini monster apa dosen? X-x)   
  7.  
Kalo Kota Anda sakit? Segera hubungi Planolog terdekat! Planolog, Dokternya Kota. Mantabbb bukaann :)))) 
Sekian dulu nih goresan izzie kali ini tentang Planologi,, kalo ada kata yang salah jangan disimpan dalam hati cukup dihapus pakai penghapus karet saja yaa soalnya kasihan kan kalo beban hati kita bertambah Qiqiqiqiii :*

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com